Rabu, 04 Agustus 2010

saat- saat mengesankan di Sindangsari Bagian 1


hal pertama yang mengesankan di sindangsari slama KKNM adalah saat social Mapping ke dusun Singkup, dusun teratas dan terjauh di desa Sindangsari. hmmmm daerahnya bener2 masi alami banget, sejauh mata memandang adalah hutan dan jurang, dan hebatnya masi banyak warga yang tinggal di daerah sana.. Disana masi banyak balong - balong serbaguna dan mreka garisih sama sekali menggunakan balong itu kaya buat cuci piring, buang air besar dan kecil, mandi,,, hmmmm menghawatirkan skali. . waktu itu social mapping ke sana, perginya naek angkot, tapi pulangnya karna ngerasa lama nunggu angkot akhirnya kita pulang jalan kaki sambil nunggu jemputan, kita jalan sampe dusun selanjutnya "setiamulya" . ganyesel jalan sampe setiamulya walo jaraknya sangat amat jauh dan jalannya naik turun naik turun kaya karna di gunung, karna lelahnya dibayar sama pemandangan yang hebat bgt, huuuuuuuu NICE. . . waktu itu bareng jojo, bom2, kenia, gia, katia, febri, dan nicky. . .
dan ternyata di setiamulya kita ketemu temen2 lainnya yang bertugas social Mapping disana. jadi deh kita sama2 nunggu angkot jemputan disana. sambil nunggu angkot jemputan kita pada becanda2, blajar bahasa arab ama si noha yang dari mesir. lumayan mudah2an aja pulang dari sindangsari bisa pinter 4 bahasa, sunda,inggris, belanda, dan arab,, nice. .
slama perjalanan sempet mampir juga ke rumah salah satu warga, hmm cukup memprihatinkan, pas kesana kita disuguhi gula merah, sempet kaget juga gula merah mereka suguhkan.. karna merasa ga enak kalo gamakan, akhirnya nyoba dan ternyata enak juga, hehhheeh. kata mreka si mreka mengkonsumsi gula merah buat nambah tenaga, secara tiap hari jalan jauh karna emang di singkup ini gada angkot. salut buat para penghuni singkup bisa bertahan hidup dengan keadaan yang serba hmm kalo menurut ca kurang banget. mulai dari air, keadaan desanya, mungkin listrik, makanan, rada sedih juga kalo ngeliat yang kaya gitu. paahal klo di rumah (basecamp) listrik tiba2 mati aja ngeluh, gada TV ngeluh, air kotor ngeluh, gada yang seger2 ngeluh, gada angkot ngeluh, ternyata ada yang bisa bertahan dengan segala kekurangan.
dan sifat2 warga di dusun juga beda2 makin ke atas(pedalaman), warganya semakin ramah2 dan baik2. . mungkin karna di bagian bawah lebih deket ke kota dan yaaa lumayan pada berada aja kali ya, heu makanya paling seneng kalo udah suruh ngunjungin warga di dusun2 bagian atas dan jauh2, walo jaraknya jauh dan harus jalan kaki tapi menyenangkan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar